3 Alasan Kenapa Anak Susah Makan

Alasan Kenapa Anak Susah Makan

Salah satu masalah yang paling sering di alami oleh orang tua pada umumnya adalah anak susah untuk makan. Ketika anak tidak mau makan, maka selaku orang tua akan merasa khawatir yang sangat luar biasa. Hal ini di karenakan anak tidak mengkonsumsi cukup nutrisi harian yang di butuhkan untuk tumbuh kembang anak. Bahkan keyword seputar cara mengatasi anak susah makan memiliki pencarian yang tinggi di google. Ini membuktikan bahwa kasus seperti ini tidak terjadi pada satu atau dua orang anak saja, melainkan ribuan.

Anak susah makan paling sering di alami pada anak usia satu hingga 5 tahun, pada masa ini anak sangat rewel dan susah sekali untuk mengkonsumsi makanan terutama makanan sehat. Ada banyak alasan mengapa pada usia tersebut anak menjad susah makan, salah satunya pada usi tersebut tumbuh kembang anak akan sedikit lebih lambat sehingga nafsu makan yang di miliki menurun. Tapi sayangnya tidak semua orang tua mengetahui fakta tersebut, sehingga sering memaksakan anak untuk makan dengan kekerasan atau ancaman agar anak mau makan.

Cara mengatasi anak yang susah makan

Mengatasi anak yang memiliki masalah susah makan ini membutuhkan kesabaran yang ekstrak pada orang tua. Oleh sebabitu orang tua harus mengenali sumber masalah mengapa anak tidak mau makan. Berikut alasan mengapa anak tidak mau makan yang harus orang tua ketahui.

  1. Hanya mau makan dengan satu makan tersebut

Masalah ini pernah saya alami selaku orang tua ketika anak berusia 3 tahun yang mana hanya mau makan dengan udang ataupun telur. Ini di sebabkan karena terlalu banyak jenis makanan yang di kenalkan padanya sehingga anak hanya memilih satu makanan saja.

Cara mengatasi hal ini cukup mudah pada awalnya hanya menawarkan menu baru pada anak dengan bahan dasar berupa kombinasi dari udang lalu secara perlahan udang tersebut di hilang dari menu makanannya

  1. Bosen

Ada orang tua yang melihat anaknya suka makan ayam terus di masakan ayam terus, suka sayur maka yang di sajikan sayur itu itu saja. Nah anak juga bisa mengekspresikan rasa bosennya dengan tidak mau makan lagi atau makan dengan jumlah yang sedikit.

Sebagai orang tua harus aktif atau rajin dalam membuat variasi menu masakan setiap harinya agar anak mau makan. Memang itulah yang menjadi kendala orang tua harus sabar dan kerja keras dari berbagai sisi mulai dari mencari uang hingga merawat anak.

  1. Masalah gangguan kesehatan

Nah biasanya ini kasus serius yang mana anak akan muntah atau mual setelah makan. Apabila anak mengalami masalah ini tidak usah di tundah lagi langsung konsultasi ke dokter ataupun ahli gizi agar mendapatkan solusi yang tepat.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.