4 Penyebab Penyakit Kardiovaskular pada Manusia

4 Penyebab Penyakit Kardiovaskular pada Manusia

Penyakit kardiovaskular merupakan penyebutan lain dari sakit jantung yang merupakan penyakit mematikan. Penyakit ini terjadi karena adanya kerusakan, peradangan, penyumbatan atau kelainan pada jantung, pembuluh darah maupun otot di sekitar jantung. Bagi Anda yang sudah memiliki penyakit ini, maka harus melakukan pengobatan rutin agar tidak berdampak buruk bagi tubuh. Sedangkan bagi yang belum menderitanya, perlu mengetahui apa saja penyebab penyakit ini sehingga dapat menghindarinya.

Penyebab Penyakit Jantung

Jika tidak ingin mengidap penyakit mematikan, maka kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari berbagai penyebab penyakit jantung berikut ini:

1.     Merokok

Rokok merupakan salah satu produk yang merusak tubuh, kebiasaan merokok dapat menyebabkan masalah pada organ tubuh, seperti paru, hati, dan jantung. Banyak penderita penyakit jantung yang sakit karena kebiasaan merokok. Zat kimia dalam rokok dapat membuat pembuluh darah jantung meradang sehingga menyebabkan jantung tidak lagi bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Apabila Anda adalah perokok, maka mulai sekarang harus mengurangi kebiasaan buruk ini. Kurangi secara perlahan kemudian benar-benar berhenti merokok, bukan hanya untuk menjaga kesehatan jantung, tapi juga menghindarkan Anda dari penyakit kanker.

2.     Makanan Tidak Sehat

Penyebab kardiovaskular berikutnya adalah terlalu banyak konsumsi makanan siap saji dengan banyak minyak, garam, dan pengawet. Jenis makanan ini tidak terlalu bagus jika dikonsumsi setiap hari. Karena di dalamnya terdapat zat-zat yang dapat memicu penyakit jantung. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya.

Perbanyak konsumsi makanan sehat dan segar seperti buah dan sayuran, juga mencukupi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Kurangi makanan berminyak, garam, dan pengawet untuk menjaga agar jantung tidak menderita berbagai penyakit mematikan.

3.     Stres

Selain kebiasaan yang bersifat fisik, stres juga bisa jadi salah satu penyebab Anda terkena sakit jantung. Sebab saat Anda stres tidak akan memperhatikan kesehatan tubuh dengan baik sehingga hal ini dapat memicu sakit jantung.

4.     Kurang Olahraga

Kurang berolahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit jantung, apalagi jika Anda menderita obesitas, maka risikonya makin besar. Malas bergerak dan melakukan olahraga akan membuat tubuh mengalami kekakuan, kemudian berefek pada organ tubuh yang tidak bisa bekerja semestinya.

Bahkan hal ini juga dapat membuat tubuh mudah terkena infeksi, radang, maupun penyempitan pembuluh darah. Kemudian kerusakan akan terjadi dan mengundang berbagai macam penyakit, termasuk sakit jantung.

Selain berbagai penyebab di atas, kardiovaskular juga bisa disebabkan oleh bertambahnya usia, faktor kelainan jantung, keturunan dari orangtua yang mengidap penyakit jantung, atau permasalahan kesehatan lainnya, seperti kadar kolesterol tinggi dan diabetes.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.