6 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas Tanpa Bau

Cara Menyimpan Tahu di Kulkas Tanpa Bau

Tahu menjadi salah satu bahan makanan yang difavoritkan banyak orang di Indonesia. Bahan makanan ini mungkin terdengar sederhana tetapi memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Jika Anda termasuk tipe orang yang suka makan tahu, maka perlu tahu bagaimana cara menyimpan tahu di kulkas agar tidak bau. Berikut adalah 6 cara tepat menyimpan tahu di dalam kulkas.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuang air tahu terlebih dahulu. Bahan makanan satu ini sangat mudah mengeluarkan cairan. Buka plastik kemasan tahu kemudian buang air tahu yang ada di sana. Air inilah yang seringkali menimbulkan bau sehingga sebaiknya segera dibuang.

  • Lakukan Pencucian

Setelah air tahu dibuang, segera lakukan pencucian. Tentu saja proses pencucian tahu ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Pastikan tahu benar-benar bersih namun Anda tetap harus berhati-hati agar tahu tidak hancur saat dicuci. Proses pencucian bisa dikatakan selesai jika tahu sudah tidak terasa berlendir. Pastikan Anda menggunakan air mengalir untuk mencuci tahu.

  • Gunakan Wadah Bersih

Jika air tahu sudah dibuang dan telah dicuci sampai benar-benar bersih, maka siapkan wadah. Sangat disarankan untuk menyimpan tahu di kulkas menggunakan wadah lain. Jangan memakai wadah yang didapat saat membeli tahu. Hal ini dilakukan demi meminimalkan bau yang ada pada tahu. Pilih jenis wadah yang kedap udara dan pastikan wadah sudah dicuci bersih.

  • Rendam dengan Air Bersih

Cara menyimpan tahu di kulkas berikutnya adalah rendam tahu memakai air bersih sebelum masuk kulkas. Wadah yang sudah disiapkan tadi bisa diisi dengan air matang. Lalu satu per satu masukkan tahu sehingga tahu terendam air bersih tadi. Jika tahu ingin disimpan di kulkas selama beberapa hari maka lakukan penggantian air ini secara berkala.

  • Rebus dengan Garam

Selanjutnya rebus tahu tadi dengan menggunakan air garam. Berikan sedikit garam untuk membantu mengurangi bau pada tahu. Perebusan tidak perlu lama-lama, cukup 4 menit saja agar tekstur tahu tetap padat dan tidak hancur. Setelah selesai direbus, segera pindahkan ke wadah dan rendam dengan air bersih yang baru.

  • Simpan di Kulkas

Jika semua langkah tadi sudah dilakukan maka Anda bisa segera meletakkan tahu tadi di dalam kulkas. Penyimpanan tahu bisa dilakukan rak atas. Pastikan untuk menggunakan wadah yang tertutup rapat sehingga tidak akan ada kontaminasi bau tahu di dalam kulkas. Berikan label untuk mengingatkan Anda kapan waktu yang tepat mengolah tahu tersebut.

Itulah 6 cara menyimpan tahu di kulkas yang bisa Anda praktikkan. Stok tahu di dalam kulkas pasti akan sangat membantu Anda. Bahan makanan ini sangat praktis untuk diolah dan rasanya juga enak. Jadi, pastikan untuk selalu memiliki stok tahu di dalam kulkas agar bisa dikonsumsi setiap hari.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.