Amankah Memberikan Susu Coklat Dalam Masa Tumbuh Kembangnya?

Amankah Memberikan Susu Coklat Dalam Masa Tumbuh Kembangnya?

Apakah anak anda suka mengkonsumsi susu coklat? Mengkonsumsi susu coklat memang kesukaan anak – anak. Pada usia diatas 2 tahun, anak – anak cenderung menyukai rasa coklat sebagai rasa susu favoritnya. Susu coklat sendiri merupakan susu yang diberikan bubuk coklat untuk memberikan rasa coklat yang manis dan lezat. Bahkan minuman coklat bubuk banyak disediakan café untuk minuman ramah anak – anak.

Tidak jarang beberapa orang tua tidak memberikan anak mereka konsumsi susu coklat sebagai susu harian. Rasa coklat yang manis membuat beberapa orang tua yakin bahwa susu tersebut tidak baik dikonsumsi oleh anak mereka. Orang tua cenderung untuk menyarankan anak mereka mengonsumsi susu putih saja sebagai susu harian anak mereka karena kaya nutrisi dan lebih sehat dikonsumsi. Benarkan minuman coklat bubuk dan susu coklat tidak baik dikonsumsi anak?

Susu coklat merupakan salah satu bahan makanan yang kaya nutrisi. Sama seperti susu putih, susu coklat kaya nutrisi baik kalsium, zat besi bahkan vitamin D. Pemberian susu coklat juga sama pentingnya dengan susu putih. Bahkan susu coklat diberikan untuk opsi anak – anak yang kurang suka terhadap rasa susu putih. Sebab itu, beragam minuman coklat bubuk cukup identic juga dengan anak – anak.

Proses pembuatan susu coklat sendiri dilakukan dengan mencampurkan susu segar dengan bubuk dari minuman coklat bubuk. Penambahan bahan lainnya juga disesuaikan seperti sirup jagung, fruktosa ataupun bahan lainnya. Susu coklat cenderung kaya kebaikan nutrisi untuk pembentukan energi. Namun, susu coklat memang mengandung sejumlah pengurangan nutrisi seperti selenium, yodium, vitamin A, B1, B12, B6, zink dan bahkan magnesium.

Beberapa pengurangan nutrisi dalam susu coklat sendiri bukan mengartikan kandungan nutrisi tersebut tidak ada. Beragam nutrisi tersebut terkandung dalam segelas susu coklat namun dalam kuantitas yang cukup rendah dibandingkan susu putih. Sebab itu, bisa dikatakan konsumsi susu coklat juga menunjang kebutuhan nutrisi anak. Meskipun beberapa kandungan vitamin dan mineral dalam susu berkurang, anak tentunya masih bisa mendapatkannya dari asupan makanannya.

Vitamin dan mineral sendiri memang terkandung asupan makanan keseharian. Beragam nutrisi ini didapatkan dari konsumsi buah, sayuran maupun lauk pauk harian anak. Sebab itu, anak dianjurkan untuk mengonsumsi pangan sesuai dengan kaidah “ Piringku” untuk kecukupan kebutuhan nutrisinya. Bila kandungan nutrisi susu tidak mencukupi, selama anak menerapkan pola makan dan asupannya baik maka kebutuhan nutrisi anak akan tetap terpenuhi.

Salah satu kelemahan konsumsi susu coklat adalah adanya kandungan gula yang cukup tinggi dalam segelas susunya. Dimana kandungan ini akan menyebabkan anak diabetes ataupun obesitas. Bila anak hendak konsumsi susu coklat, ada baiknya memastikan kandungan gulanya rendah. Selain itu, susu coklat tersebut tidak mengandung gula tambahan seperti sukrosa untuk kesehatan anak. Ada baiknya juga konsultasi dengan dokter jenis susu terbaik untuk anak.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.