Beragam Jenis Kopi Nusantara Yang Sudah Populer Di Kancah Internasional

Beragam Jenis Kopi Nusantara Yang Sudah Populer Di Kancah Internasional

Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik dunia. Biji kopi Indonesia sudah dikenal di kancah internasional. Dimana sebagian besar biji kopi yang dihasilkan oleh Indonesia sendiri termasuk ke dalam biji kopi robusta dibandingkan arabika. Tidak mengherankan jika banyak bisnis kuliner bidang kopi yang tumbuh dalam negeri sendiri. Bahkan kopi ala café Indonesia memiliki rasa khas karena biji kopi yang dihasilkan dalam negeri sendiri.

Dalam kancah internasional sendiri Indonesia menempati posisi keempat sebagai negara di dunia yang memproduksi kopi. Daerah penghasil kopi dalam negeri sendiri sebagian besar ditemukan di pulau Sumatera. Produksi kopi dalam negeri sendiri terbilang baik dan menunjang kebutuhan nasional sehingga bisa diekspor. Bahkan dari data Kementerian Pertanian pada rentang tahun 2016 hingga 2021, pertumbuhan kopi nasional sendiri naik 8,22% per tahun. Tidak mengherankan bila mudah sekali menemukan kopi ala café di Indonesia sendiri.

Bila kamu suka mengonsumsi kopi, tentunya kamu akan familiar dengan beberapa ragam nama kopi dalam negeri yang popular. Benar, dalam negeri sendiri ada beberapa jenis kopi yang diproduksi dalam negeri dan popular. Hal ini dikarenakan rasanya yang khas dan authentic sehingga cukup dikenal masyarakat. Tidak jarang juga beberapa jenis kopi ini digunakan untuk membuat kopi ala café. Apa saja jenis kopinya? Berikut ulasannya.

  1.     Kopi Gayo

Siapa yang tidak mengenal kopi Gayo? Kopi khas Aceh, Sumatera ini banyak memiliki penggemar. Kopi ini dihasilkan di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Jenis biji kopi yang dihasilkan di daerah Aceh sendiri cenderung arabika. Kopi Aceh Gayo memiliki body yang light dan keasaman seimbang. Sebab itu, beberapa kopi ala café yang menggunakan manual brew terkadang menggunakan bubuk kopi Gayo.

Masyarakat aceh sendiri dalam menyajikan kopi ini adalah dengan menuangkan bubuk kopi dalam panci lalu menambahkan air ke dalamnya. Ketika mendidih, kopi yang terekstrak akan dituangkan ke dalam cangkir berisikan gula dan susu. Sebab itu, minuman ini menjadi iconic Aceh ketika berkunjung kesana.

  1.     Kopi Kintamani

Kintamani merupakan salah satu daerah di Bali yang juga dikenal menghasilkan biji kopi berkualitas. Luas perkebunan kopi Bali sendiri memang tidak cukup luas seperti di Sumatera namun menghasilkan rasa kopi yang khas. Keunikan kopi khas Bali ini adalah rasa kopi yang dihasilkan yakni citrus atau jeruk maupun bunga. Berbicara tekstur, body yang dihasilkan kopi bali cukup kental dengan keasaman sedang. Kopi Bali ini termasuk jenis kopi arabika dan biasanya diseduh menggunakan V60 atau tubruk.

  1.     Kopi Toraja

Toraja memiliki jenis kopi yang popular dan kerap dijadikan buah tangan. Kopi Toraja sudah dikenal internasional khususnya Amerika dan Jepang. Kopi Toraja memiliki rasa pahit namun aftertaste yang tidak pahit. Rasa yang dihasilkan kopi sendiri cenderung earthy dengan keasaman tinggi yang menjadi ciri khasnya.

By admin
No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.